Profile

Selamat Datang di Blog PNPM Mandiri Perdesaan Kab. Bondowoso

Senin, 20 Januari 2014

MEMIKIRKAN GENERASI PENERUS BANGSA

Penyerahan bantuan beasiswa oleh Bupati Bondowoso

Sesuai dengan visi misi dari PNPM Mandiri Perdesaan adalah Tercapainya kesejahteraan dan kemandirian masyarakat miskin perdesaan, dengan strategi dalam rangka mencapai visi dan misi tersebut diatas, maka strategi yang dikembangkan PNPM Mandiri Perdesaan yaitu menjadikan rumah tangga miskin (RTM) sebagai kelompok sasaran, menguatkan sistem pembangunan partisipatif, serta mengembangkan kelembagaan kerja sama antar desa. Salah satunya dengan pengembangkan kelompok-kelompok SPP yang ada di desa, sehingga aset yang didapat oleh Unit Pengelola Kegiatan (UPK) setiap tahun semakin meningkat jumlahnya. Hal tersebut diatas mempengaruhi pendapatan surplus berjalan setiap tahun yang akan menjadi biaya operasional bagi kegiatan UPK di tahun berjalan, yang dibagi menjadi bagian sesuai kebutuhan :
1. Penambahan modal 
2. Peningkatan kelembagaan 
3. Biaya operasional
4. Dana RTM / Dana Sosial

Sambutan Bupati Bondowoso dalam rangka 
Penyerahan Alokasi Dana RTM Tahun Anggaran 2012


Salah satu kegiatan UPK adalah penggunaan Dana RTM/Dana Sosial yang digunakan untuk apa pemanfaatannya dana tersebut, karena dana RTM merupakan tanggung jawab dari Badan Kerja Antar Desa (BKAD) baik dalam perencanaan dan pelaksanaannya. Setelah melalui Musyawarah Antar Desa yang dilaksanakan di Kecamatan Tenggarang, forum MAD menyepakati untuk Dana RTM/Dana Soasial tahun anggaran 2012 akan digunakan dan disalurkan untuk beasiswa siswa siswi Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Tenggarang.

Dalam musyawarah perencanaan BKAD akan menggunakan untuk meringankan beban masyarakat miskin yang mempunyai tanggungan biaya anak yang masih sekolah, khususnya Sekolah Dasar, dengan begitu kita masyarakat Kecamatan Tenggarang masih bisa memikirkan generasi penerus bangsa yang akan menggantikan kepemimpinan kita kelak dikemudian hari.

Perencanaan BKAD dalam menyalurkan dana RTM akan dibelikan alat tulis sekolah beserta kelengkapannya, yang akan dibagikan kepada siswa Sekolah Dasar kelas 1 sampai kelas 3 diseluruh sekolah di Kecamatan Tenggarang.
  1. 22 Sekolah Dasar.
  2. 300 orang siswa dan siswi.
Waktu pelaksanaan direncanakan di bulan Desember 2013 dengan dihadiri oleh Bupati Bondowoso.

Foto bersama dengan perwakilan siswa siswi penerima beasiswa se Kecamatan Tenggarang

By. Dwi Tjipto Nurarijady, ST
Fasilitator Teknik  Kec. Tenggarang



 


0 komentar:

Posting Komentar

Usulan apa yang paling dibutuhkan masyarakat?

PNPM Mandiri Perdesaan Bondowoso : Perum Timur Stadion Blok C-11 RT. 02 / RW. 01 Kelurahan Badean - Bondowoso, Email ppk_bondowoso@ymail.com

Keluarga Besar PNPM Mandiri Perdesaan