Profile

Selamat Datang di Blog PNPM Mandiri Perdesaan Kab. Bondowoso

Senin, 22 Juli 2013

BORDIR PNPM MPd PASKA KRISIS BERDAYAKAN KAUM IBU DI DESA KONCER DARULAMAN



Seorang ibu rumah tangga melirik lapangan kerja di Negara lain sebagai TKW ( Tenaga Kerja Wanita ) adalah hal yang lazim di lingkungan saya. Nama saya Ibu Hartatik salah satu peserta pelatihan Bordir dan menjahit kegiatan PNPM MPd Paska Krisis tahun 2010.Saya adalah seorang ibu rumah tangga biasa dengan 2 orang anak.Saya tinggal di dusun kampong Waru desa Koncer Darulaman Kecamatan Tenggarang Kab Bondowoso.
Karena ada kesempatan untuk merubah nasib sebanyak 10 ibu rumah tangga di dusun kampong Waru memeilih merantau ke luar negeri  meninggalkan keluarga dan anak anaknya guna mencari nafkah.Ibu ibu biasanya hanya menghabiskan waktu di rumah. Saat panen  mereka bekerja sebagai buruh tani untuk membantu suami. Sayangnya hasil buruh panen tidak cukup untuk membantu biaya hidup sehari hari termasuk pendidikan anak anak.
Lahir dan besar dalam lingkungan kurang mampu membuat saya belajar  banyak hal.Dia merupakan seorang ibu rumah tangga yang tangguh dimana mengajarkan kepada anak anaknya banyak hal terutama tanggung jawab, disiplin, kebaikan,dan kearifan dalam hidup.
Sejak pertama kali PNPM MPd hadir di desa Koncer darulaman pada tahun 2010 dia selalu mengikuti setiap tahapan dengan semangat. Itulah awal saya terlibat dengan PNPM MPd sebagai Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) desa Koncer Darulaman Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso Provinsi Jawa Timur.Saat awal bekerja sebagai KPMD dia sempat merasa canggung tetapi lama  kelamaan dia menjadi lebih percaya diri .Dia terus melakukan sosialisasi tentang PNPM MPd di seluruh dusun di Koncet darulaman.Sebagai kader pemberdayaan masyarakat, dia selalu resah dan ingin berbuat lebih untuk  mensejahterakan warga desa Koncer darulaman yang sebagian tergolong kurang mampu.
Usulan demi  usulan warga mengalir dari sosialisasi tersebut.semua ditulis  dalam catatannya.Dari seluruh masalah warga yang telah terekam, kebanyakan permasalahan timbul karena kemampuan ekonomi yang lemah.bersama beberapa perempuan dia merancang sebuah program untuk memberdayakan ibu rumah tangga.Salah satu usulan masyarakat yang mengemuka adalah keinginan untuk mengikuti pelatihan bordir.
Seakan gayung bersambut pada tahun 2010 desa Koncer Darulaman diajukan untuk mendapatkan alokasi dana sebesar Rp. 65.000.000,-Dari PNPM MPd PASKA KRISIS.Seakan mendapat angin segar bahwa keinginan yang selama ini dipendam akan segera menjadi kenyataan.Sebanyak 25 orang ibu rumah tangga direncanakan akan mengikuti pelatihan border yang berlangsung selama satu setengah bulan.Setiap dusun diwakili oleh lima orang perempuan. Masing masing peserta pelatihan selanjutnya menyebarkan ilmu dan ketrampilanbordir yang telah diperolehnya dari pelatihankepada perempuan lain di masing masing dusun.Selain dibekali ketrampilan, para peserta juga difasilitasi meisn border.
TRIMAKASIH PADA PNPM MPD PASKA KRISIS YANG TELAH MEMBERDAYAKAN KAUM PEREMPUAN
Pelaksanaan pelatihan Bordir yang diikuti oleh 25 orang ibu rumah tangga

Oleh : FK Kecamatan Tenggarang (Hadi Wiyono, SP)

0 komentar:

Posting Komentar

Usulan apa yang paling dibutuhkan masyarakat?

PNPM Mandiri Perdesaan Bondowoso : Perum Timur Stadion Blok C-11 RT. 02 / RW. 01 Kelurahan Badean - Bondowoso, Email ppk_bondowoso@ymail.com

Keluarga Besar PNPM Mandiri Perdesaan